Kamis, 02 Oktober 2014

Contoh Laporan Diskusi



Laporan Hasil Diskusi
Sastra Melayu Lama

1.    Pendahuluan
Sastra melayu lama adalah sastra yang berbentuk lisan atau sastra melayu yang tercipta dari suatu ujaran atau ucapan. Sastra melayu lama masuk ke Indonesia bersamaan dengan masuknya agama Islam pada abad ke-13. Peninggalan sastra melayu lama terlihat pada dua bait syair pada batu nisan seorang muslim di Minye Tujoh, Aceh.
Sastra melayu lama adalah termasuk bagian dari karya sastra Indonesia yang dihasilkan antara tahun 1870 - 1942, yang berkembang dilingkungan masyarakat Sumatera seperti "Langkat, Tapanuli, Minangkabau dan daerah sumatera lainnya", orang tionghoa dan masyarakat indo-eropa. Karya sastra pertama yang terbit sekitar tahun 1870 masih dalam bentuk syair, hikayat dan terjemahan novel barat,
Catatan tertulis pertama dalam bahasa Melayu Kuna berasal dari abad ke-7 Masehi, dan tercantum pada beberapa prasasti peninggalan Kerajaan Sriwijaya di bagian selatan Sumatera dan wangsa Syailendra di beberapa tempat di Jawa Tengah. Tulisan ini menggunakan aksara Pallawa. Selanjutnya, bukti-bukti tertulis bermunculan di berbagai tempat, meskipun dokumen terbanyak kebanyakan mulai berasal dari abad ke-18.

2.    Nama Kegiatan
Kegiatan yang dilaksanakan bertema “Sastra Melayu Lama”.

3.    Pelaksanaan
Diskusi dilaksanakan pada:
hari      : Jum’at
tanggal : 19 September 2014
waktu  : pukul 07.30-08.20 WIB
tempat : Kelas XII IPA 2 SMAN 1 Gamping

4.    Pembicara
Pembicara dalam diskusi ini adalah Nurrohmah dan Qorie Aini, dengan makalahnya yang berjudul “Sastra Melayu Lama”.

5.    Peserta
Peserta terdiri dari satu guru bahasa indonesia dan siswa-siswi kelas XII IPA 2 SMAN 1 Gamping. Jumlah keseluruhan peserta 22 orang.

6.    Uraian
Secara umum diskusi berjalan dengan lancar tanpa ada halangan apapun selama 50 menit. Peserta mengikuti jalannya diskusi yang berlangsung dengan antusias. Penyaji menyampaikan makalah dengan tuntas kepada peserta diskusi. Peserta sangat tertarik dengan tema dan isi makalah yang disampaikan oleh penyaji yaitu “Sastra Melayu Lama”. Banyak pertanyaan yang peserta ajukan kepada penyaji.

7.    Penutup
Karya sastra melayu lama adalah sastra yang berbentuk lisan atau sastra melayu yang tercipta dari suatu ujaran atau ucapan. Dari diskusi yang kami lakukan bahwa karya sastra melayu lama menarik semua perhatian peserta diskusi, karena banyak pertanyaan yang diajukan kepada kami yang membuat mereka ingin lebih tahu tentang karya sastra melayu lama.